Tips Menjaga Keindahan Furniture Rotan

Posted on

5 Langkah Jaga Keindahan Furnitur Rotan

Baca2.info – Furnitur berbahan rotan adalah pilihan yang tepat untuk melengkapi interior rumah Anda. Selain membuat rumah terlihat cantik, furnitur rotan membawa kesan klasik namun elegan.

Rotan adalah salah satu furnitur yang fleksibel, cocok untuk menghias area indoor maupun outdoor. Asyiknya lagi, harga furnitur rotan tidak semahal furnitur kayu, tetapi memiliki kekuatan yang sama.

Furnitur rotan juga cenderung lebih praktis. Bebannya yang lebih ringan, memudahkan kita untuk memindahkannya ke mana saja sesuai keinginan.

Untuk membuat mebel rotan lebih tahan lama digunakan, Anda perlu memperhatikan cara merawatnya. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Bersihkan seminggu sekali

Bersihkan furnitur rotan secara rutin setiap satu minggu sekali. Cara membersihkannya cukup menggunakan lap kering untuk menghilangkan debu-debu yang menempel.

Hindari membersihkan menggunakan cairan kimia karena akan membuat rotan cepat rusak. Cairan Kimia dapat mengikis lapisan cat dan melamik pada furniture sehingga membuatnya tampak kusam.

Gunakan vacuum cleaner

Untuk menghilangkan debu di sela-sela rotan Anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Bisa juga menggunakan kain lap fiber dan botol spray berisi air bersih untuk menghilangkan noda. Setelah dibersihkan lap, keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Cat ulang

Furnitur rotan biasanya cepat pudar dan mengelupas. Agar kelihatan tetap indah Anda bisa mengecatnya kembali jika warnanya sudah pudar.

Anda bisa menggunakan cat jenis wax yang biasa digunakan untuk melapisi furnitur. Anda bisa membelinya di toko bangunan umum. Cara menggunakannya cukup disemprotkan secara merata ke seluruh permukaan furnitur. Furnitur akan terlihat lebih mengkilap dan terlindungi.

Letakan di area sejuk

Pastikan Anda meletakan furnitur rotan di area yang tidak terkena hujan dan sinar matahari secara langsung. Hal tersebut akan membuat bahan rotan akan mudah pudar dan rusak. Taruh di dalam ruangan yang adem.

Larutan kamper

Musuh utama furniture rotan adalah rayap. Rayap biasanya akan menggerogoti rotan hingga habis. Untuk mencegah rayap, buatlah larutan campuran kamper dan minyak tanah.

Semprotkan pada rotan dan lubang-lubang yang telah dibuat rayap. Anda juga bisa menyuntikan larutan ini ke pori-pori furnitur.