Kelebihan dan Kekurangan Baterai Smarthphone yang Menyatu (Non Removable)

Posted on

BacaBaca.info – Bahasan kita kali ini adalah mengenai kelebihan dan kekurangan baterai smarthphone yang menyatu atau biasa di sebut non removable. Anda sudah mengenal istilah yang satu ini? Istilah ini adalah milik baterai yang tidak bisa dilepaskan dari badan ponsel. Jika dari dulu sebuah ponsel dilengkapi dengan sebuah baterai yang bisa dipasang ataupun dilepas dari rangka ponsel, lain halnya dengan sekarang. Baterai yang demikian sering juga disebut baterai Removable.

Dan kini seiring dengan perkembangan zaman, baterai yang semula bisa dibongkar pasang semaunya, saat ini sudah tak bisa sebebas dulu. Memang pada dasarnya pembongkaran baterai tersebut pasti ada tujuan dan maksudnya. Misalnya saat ponsel mengalami hang, maka melepas baterai akan menjadi salah satu solusinya.

Kini kelebihan dan kekurangan baterai non removable banyak dipertanyakan oleh para pengguna cell phone yang memiliki baterai non removable. Desain bodi cell phone dijadikan satu bagian tak terpisahkan dengan baterai didalamnya. Biasanya, baterai removable disembunyikan atau diletakkan khusus pada bodi agar pengguna tidak dapat melepas atau mengutak-atik baterai tersebut.

Bukan bermaksud untuk mempersulit penggunanya, namun ada alasan tertentu yang mendasari hal ini. Mulai dari segi keamanan dan lain sebagainya. Untuk penggantian kartu SIM jika dulu berada tersembunyi dan ditutupi oleh baterai, kini para seller tak lagi menggabungkan opening SIM card dengan letak baterai. Jadi pengguna tak akan mencabut baterai saat akan mengganti kartu SIMnya.

Jika sudah melihat penjelasan mengenai baterai non removable, lalu apa pula kelebihan dan kekurangan baterai non removable. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat ulasannya dibawah ini.

Kelebihan :

Kelebihan baterai non removable yang pertama adalah dari segi desainnya. Desaian cell phone yang menggunakan baterai non removable akan terlihat lebih cantik dan elegan dengan tidak tampaknya baterai.

Dari segi keamanan, apabila cell phone terjatuh maka akan sangat jarang terjadi padam mendadak yang umumnya disebabkan lepasnya penutup cassing dibarengi dengan lepasnya baterai karena benturan.

Kelebihan baterai non removable yang berikutnya adalah kembali ke desainnya. Cell phone yang dilengkapi dengan baterai non removable, umumnya akan lebih tipis.

Selanjutnya biasanya ketahanan baterai removable telah teruji dan lebih tahan lama karena seller tidak akan sembarangan memasang jenis baterai non-removable bila kekuatan baterai tidak bagus. Dengan kata lain, baterai non removable biasanya lebih awet dibandingkan dengan baterai removable.

Kekurangan :

Kekurangan baterai non removable yang pertama adalah tentu saja anda tidak bisa membawa cadangan baterai bila bepergian jauh. Namun untuk menggantikan hal itu anda bisa menggunakan bantuan control bank. Namun biasanya kapasitas baterai non removable cukup besar dan tahan lama. Apalagi saat ini semua seller mulai berlomba-lomba menyematkan baterai dengan kapasitas daya yang tergolong dahsyat.

Selanjutnya yang menjadi kekurangan baterai non removable adalah bila suatu saat nanti baterai mulai drop maka akan sangat sulit mencari penggantinya di toko sparepart hp. Karena biasanya ukuran dan standart baterainya, hanya pabrikan Merk HP tersebutyang menyediakan suku cadangnya nom de plume benefit focus. Maka jika anda mengalami hal ini lebih baik bawa ponsel anda ke gerai asli sesuai merk ponsel anda.

Kekurangan baterai non removable yang terakhir adalah jika ponsel tercelup atau terkena air sampai air masuk ke dalam cassing, maka akan sangat sulit melakukan langkah antisipasi cepat untuk menlepas baterai. Kemungkinan kerusakan karena kemasukan air lebih besar karena baterai tidak bisa dilepas dan pasti terjadi konsleting arus didalamnya. Maka dari itu, sebaiknya anda lebih berhati-hati saat menggunakan cell phone yang demkian.

loading...