Indahnya Denah Sirkuit MotoGP Palembang 2018

Posted on
Ini Bocoran Denah Sirkuit MotoGP Palembang 2018
baca2 – Impian Indonesia menjadi tuan tempat tinggal gelaran balap bergengsi MotoGP kembang kempis.

Sebelumnya, kolaborasi Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama dengan bersama dengan pihak Sirkuit Sentul gagal memberi tambahan kepastian kepada masyarakat.

Namun, setelah hilang kabar mengenai GP Indonesia, kali ini nampak kabar kunjungan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin untuk bertemu bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, ke Sepang.

Alex menyebutkan bahwa kunjungannya ini menghendaki melakukan percakapan terkait pembangunan sirkuit di Jakabaring, Palembang.

Memang, sejak isu MotoGP muncul, Palembang menjadi salah satu kandidat untuk lokasi dibangunnya sirkuit untuk MotoGP.

“Dorna tambah yang lebih semangat dibandingkan saya. Dorna berpesan terkecuali ini amat ketat waktunya. Jadi, diinginkan kita dapat memberi tambahan yang terbaik,” ujar Alex selagi dijumpai di Sepang, Malaysia, Minggu (30/10/2016).

Alex menambahkan, pihaknya bersama dengan bersama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) bekerja serupa bersama dengan para insinyur Tilke, sebagai perancang sirkuit.

Dorna dan Tilke sendiri telah melakukan kunjungan dua kali ke Palembang, satu bulan yang lalu, untuk melihat lahan yang dapat menjadi lokasi sirkuit.

“Dorna telah melihat dua kali. Herman Tilke juga telah ke Jakabaring. Sesuai pengalamannya, sirkuit yang dibikin oleh Tilke nyaris 100 % terakreditasi dan menjadi area untuk balap MotoGP. Kami juga melihat kepercayaan yang dibangun, terkecuali Herman Tilke yang buat desain, Dorna pasti menyetujui,” ujarnya.

Saat ditemui di Sepang, Alex Noerdin cuma bersama dengan rombogan IMI, juga Ketua Umum Sadikin Aksa. Tidak terlihat ada perwakilan pemerintah yang ikut.

Bisa jadi, ini menjadi sinyal proyek sirkuit didanai oleh swasta secara keseluruhan.

Sirkuit MotoGp di Palembang Indonesia dibangun diatas danau. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mempersiapkan lahan kira-kira 120 hektare untuk pembangunan sirkuit di Jakabaring Palembang.

Kepala Dinas PU Cipta Karya Sumsel Basyaruddin Akhmad menyatakan lahan yang tersedia di kawasan Jakabaring selanjutnya adalah milik Pemprov Sumsel. Lahan selanjutnya dipersiapkan untuk pembangunan sirkuit yang pengerjaannya akan diawali th. 2017.

Pembangunan sirkuit selanjutnya akan dilakukan oleh pihak ketiga. Karena Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan cuma mempersiapkan lahan saja.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin di awalnya telah diundang oleh Dorna ke Sepang Malaysia selagi gelaran MotoGp. Basyaruddin Akhmad menyebut Kedatangan gubernur di Sirkuit Sepang Malaysia untuk mengupas pembangunan sirkuit di Palembang.

Aleix Noerdin didalam berbagai peluang sempat menyatakan lokasipembangunan sirkuit akan dibangun diatas danau daerah kejuaraan ski air SEA Games. Sirkuit selanjutnya akan memiliki panjang lebih berasal dari 4,2 km.

Menurut Alex Noerdin Kedatangan sirkuit selanjutnya akan memicu Sumatera Selatan semakn ramai. Pasalnya tiap-tiap th. selamanya digunakan untuk kejuaraan ajang balap dunia MotoGp.

Semakin ramainya Sumatera Selatan maka perekonomian masyarakat bakal meningkat. Terutama untuk usaha kecil menengah bakal jadi berkembang.

Hal itu dapat dukungan oleh akomodasi di kawasan Jakabaring Palembang yang lengkap. Semisal jalur kereta api gampang atau LRT, wisma atlet dan apartemen terhitung ada di sana agar area Jakabaring bakal jadi maju.

Basyaruddin Akhmad membuktikan bahwa sirkuit yang disetujui oleh pihak Dorna Sport adalah desain panjang 4,2 kilometer dengan 14 tikungan dan lintasan lurus selama 750 meter. Kabarnya pembangunan sirkuit berikut memerlukan dana sebesar Rp 600 miliar.

Dana berikut belum terhitung fasilitas dan prasaran nonpermanen. Jika diakumulasikan bisa saja biayanya mampu raih Rp 1 Triliun.

Tentunya kabar berkenaan kehadiran sirkuit Moto GP di Jakabaring, Palembang, Sumatera Utara sangat disambut baik oleh masyarakat khususnya penggemar balapan. Diharapkan sirkuit berikut langsung terwujud.

Tinggalkan Balasan