Facebook Mulai Merilis Filter Untuk Berita Palsu

Posted on
facebook filter news

baca2 – Facebook bakal mengawali memeriksa kebenaran artikel dan menandai berita palsu untuk para penggunanya di Jerman didalam saat sebagian minggu ke depan. Tool ini pertama kali diluncurkan di AS bulan lalu, sebagai anggota dari kerja sama Facebook bersama dengan beraneka organisasi independen yang berguna untuk mengecek kebenaran artikel.

Menurut laporan The Verge, politikus Jerman kuatir bakal pengaruh berita palsu di penentuan federal th. ini sesudah banyaknya berita palsu dan hoax yang terlihat selama penentuan presiden di AS. Pemerintah udah pertimbangkan untuk mengimbuhkan denda pada Facebook dan tempat sosial yang melewatkan berita palsu menyebar.

Kanselir Jerman, Angela Markel udah memperingatkan bakal barangkali interfensi dari Rusia lewat propaganda atau serangan siber. Dilaporkan, minggu lalu, pemerintah Jerman udah mengadakan investigasi bakal penyebaran berita palsu, sesudah tempat Breitbart merilis artikel palsu yang mengklaim adanya massa yang membakar sebuah gereja pada malam th. baru.

Dalam proses kontrol artikel Facebook, artikel yang dilaporkan sebagai berita palsu oleh pengguna bakal dikirimkan ke Corrective, organisasi berita nirlaba yang bermarkas di Berlin. Jika sebuah artikel diakui palsu, ia bakal beroleh label “terbantahkan” beserta penjelasan mengapa ia mendapat label tersebut.

Pengguna termasuk bakal diperingatkan saat hendak membagikan berita itu. Artikel yang udah beroleh label selanjutnya termasuk bakal tidak bakal menjadi prioritaskan didalam News Feed.

Juru bicara Facebook bicara pada FT bahwa mereka tengah mencari teman tempat lain di Jerman dan mereka merencanakan untuk meluncurkan tool untuk memeriksa kebenaran artikel di negara lain. “Fokus kami saat ini di Jerman, tapi kami berkhayal negara lain daerah kami meluncurkan fitur ini,” kata sang juru bicara.

Pihak berwajib Jeman udah mendorong Facebook dan perusahaan teknologi lain untuk mengendalikan penyebaran berita palsu dan ujaran kebencian. Tahun lalu, Menteri Kehakiman Jerman, Heiko Maas bicara bahwa Facebook selayaknya diregulasi seperti perusahan tempat di Jerman. Dengan begitu, mereka bertanggung jawab atas berita yang terlihat di tempat sosialnya.

Pemerintah Jerman termasuk dikabarkan tengah pertimbangkan untuk membuat badan yang berguna mencari dan melawan berita palsu, seperti yang ditunaikan oleh pemerintah Republik Ceko. Namun, perihal ini dikhawatirkan bakal dicermati sebagai intervensi pemerintah pada tempat menjelang pemilu th. ini.

SHAREFacebook Twitter

loading...