Cara Pembayaran dan Pendaftaran Asuransi BPJS Kesehatan Online

Posted on

Baca2.info – Pastinya lebih ringan dibandingkan harus mendaftar secara langsung di kantor cabang BPJS terdekat. Berikut cara mendaftar BPJS secara online dan lengkap dan apa saja beberapa syarat yang diperlukan untuk sanggup mendaftar, monggo diperhatikan baik-baik ya, pertama mari diamati dulu beberapa syarat yang diperlukan adalah :

Persyaratan

Tentunya yang pertama adalah Kartu Keluarga
Kedua yakni KTP daerah kita berdomisili
Selanjutnya kartu NPWP
Koneksi internet dikarenakan ini dilaksanakan secara online
Alamat dan nomer handphone
Dan termasuk nomer rekening yang bakal kita pakai untuk membayar iuran BPJS tiap tiap bulannya, sanggup berasal dari bank Mandiri,BTN, BRI maupun BNI. Perlu diketahui bahwa pembayaran Iuran BPJS ini hanya sanggup dilaksanakan di bank-bank tersebut, tak hanya itu tidak sanggup dikarenakan BPJS hanya bekerjasama bersama bank yang tercantum itu saja.

Tanpa kelengkapan beberapa syarat itu, maka terlalu sulit untuk daftar dan masuk account BPJS online, seterusnya adalah cara untuk mendaftarkan dan masuk ke account BPJS online.

Cara mendaftar BPJS secara online

Kita sediakan Laptop atau PC serta modem bersama koneksi internet yang sanggup amat mungkin kita untuk online
Masuk ke alamat situs http://bpjs-kesehatan.go.id
Ini adalah situs resmi berasal dari BPJS, pada laman ini kita sanggup menentukan Pendaftaran online yang tersedia di pojok kiri, tertulis bermacam syarat dan ketetapan yang wajib kita baca dan pahami bersama baik, sesudah itu kita sanggup mencentang pengakuan bahwa menyetujui beberapa syarat dan ketetapan yang ada, lantas melanjutkan bersama menekan kotak yang berisi kata “PENDAFTARAN”
Berikutnya bakal tersedia laman untuk isi tipe kepesertaan kita yakni pekerja bukan penerima upah atau bukan pekerja, selanjutnya keterangan, serta nomer kartu keluarga kita, dan lantas memberi tanda centang pengakuan bahwa kita sepakat mendaftarkan diri beserta bagian keluarga kita, lantas bakal tercantum siapa saja bagian keluarga kita yang telah daftar dan masuk account BPJS online. Jika keliru satu bagian keluarga kita telah terdaftar di BPJS Kesehatan maka kita wajib mendaftarkan secara langsung bagian keluarga kita yang belum terdaftar di kantor BPJS terdekat.
Jika kita belum dulu mendaftarkan diri kita maupun bagian keluarga kita, maka sanggup lanjutkan ke proses selanjutnya, dan isi formulir yang tersedia cocok bersama anjuran yang ada. Di formulir tertulis bermacam informasi spesial yang wajib kita isi diantaranya nama, alamat, daerah tanggal lahir, nomer handphone, standing pernikahan, pertalian keluarga, NPWP, faskes paling dekat bersama daerah tinggal kita, alamat email, kelas yang kita menginginkan untuk dibayarkan iurannya tiap tiap bulan, serta data-data lainnya.
Setelah melengkapi semua knowledge yang diperlukan, kita wajib menyimpan data, sesudahnya kita mendapat nomer registrasi atau Virtual account member lewat notifikasi e mail kita. Ikuti perintah seterusnya yakni mengklik url yang bakal menunjukan kita pada nomer virtual account kita, kita diharuskan membayar iuran bulan pertama dahulu ke bank cocok bersama nomer virtual account yang menunjukan nomer rekeningnya, sesudah membayar, kita membuka e mail lagi, dan mendapat balasan berasal dari BPJS berupa kartu BPJS kita yang sanggup diprint sendiri dan telah sanggup dipergunakan.

Pembayaran BPJS lewat ATM BRI, Mandiri

Pembayaran BPJS memang sekarang telah terlalu mudah, keliru satunya kamu hanya wajib datang ke ATM paling dekat dan jalankan transaksi. Tetapi bagaimana cara jalankan transaksi melawati sebagian bank berikut ini, mari kita bahas bersama.

BRI

Masukan kartu ATM anda
Pilih Bahasa lantas ketik nomer PIN
Selanjutnya menentukan “Transaksi Tunai”, atau “Paket Tunai” pada menu
Selanjutnya kamu sanggup menentukan “Transaksi Lainnya”
Lalu menentukan “Pembayaran”
Setelah kamu menentukan fitur pembayaran maka bakal keluar pilihan, menentukan “Lainnya” sampai Anda jumpai menu BPJS jikalau belum tersedia maka menentukan lagi “Lainnya”
Pilih BPJS
BPJS Kesehatan
Masukan dikolom nomer BPJS Anda
Setelah itu kamu sanggup sesuaikan hasil bersama nama dan nomer BPJS anda, pastikan datanya benar.
Masukan kuantitas nominal yang bakal dibayar cocok kelas Anda.

ATM Mandiri

Masukan kartu ATM manidri anda
Pilih bahasa
Masukan PIN ATM Mandiri anda.
Lalu menentukan “BAYAR / BELI”
Setelah menentukan menu “BAYAR / BELI”, silakan menentukan menu “LAINNYA”
Pilih menu “BPJS”
Pilih keliru satu fitur yang menginginkan kamu bayar “BPJS Kesehatan” atau “BPJS Ketenagakerjaan”
Kemudian kamu sanggup memiih menu “INDIVIDU” kalau Anda membayar individu atau menentukan “BADAN USAHA” jikalau kamu berasal dari sebuah perusahaan.
Setelah itu masukan kode 89888 lantas tambahkan 11 angka berasal dari belakang Nomor BPJS selanjutnya tekan “BENAR“
Input kuantitas bulan yang rela kamu bayarkan
Sesuaikan pembayaran bulanan yang kamu mau, selanjutnya tekan “BENAR“
Setelah itu bakal keluar konfirmasi pembayaran pada layar, tapi jangan tergesa-gesa menentukan “YA” tapi ketikkan angka 1 dahulu.
Maka BPJS kamu telah sukses dibayar.

Untuk iuran berikut kelasnya yang naik mulai tanggal 1 April 2016 adalah :

Kelas III wajib dibayarkan iuran sebesar Rp. 30.000,-
Kelas II wajib dibayarkan iuran sebesar Rp. 51.000,-
Kelas I wajib dibayarkan iuran sebesar Rp. 80.000,-

Semoga bermanfaat!