BENARKAH MENGECAS HP TERLALU LAMA MENYEBABKAN BATERAI CEPAT HABIS?

Posted on

Baca2.info – Hallo anda para pengguna smartphone pasti pernah mengecas lama bukan? entah itu lupa atau tertidur ketika sedang men charge smarthphone dirumah atau di kantor. Nah pertanyaannya adalah apakah benar mengecas terlalu lama sebabkan cepat habis baterai? Tentu anda penah mendengar istilah ini. Hal tersebut dianggap sebagai salah satu akibat dari kerusakan baterai yang dicas telalu lama.

Tentu saja anggapan tersebut sudah mengakar hingga saat ini. Emang sudah menjadi tradisi kebiasaan yang selalu mengakar hehe. Namun tahukah kalian bahwa kecanggihan teknologi tentunya membuat banyak vendor selalu menciptakan inovasi terbaru sebagai strategi mereka. Salah satu yang pasti diperhatikan oleh vendor atau pembuat smartphone adalah kebiasaan pengguna yang lupa atau berlama-lama dalam mengecas handphonenya. Hal tentu saja menginspirasi produsen untuk mengatasi hal tersebut.
Di bawah ini adalah jawaban dari pertanyaan banyak masyarakat tentang apakah mengecas terlalu lama sebabkan cepat habis baterai?.

1. Perlu diingat bahwa mengecas dengan durasi lama atau berjam-jam tidak akan merusak ponsel anda. Maka dengan demkian anda tidak perlu khawatir dengan anggapan mengecas terlalu lama sebabkan cepat habis baterai. Tentu peryataan ini mengundang pertanyaan anda. Hal ini karena kebanyakan smartphone saat ini sudah canggih.

Di dalam perangkat ada yang namanya hardware. Hardware ini yang berfungsi untuk memutus arus bila baterai sudah penuh. Ada kompoonen khusus yang memfungsikan diri sebagai pendeteksi serta pemotong aliran arus ketika daya baterai sudah penuh. Hal ini merupakan salah satu kelebihan sejumlah smartphone saat ini.

2. Hal yang kedua yang perlu anda ketahui adalah selain anggapan mengecas terlalu lama sebabkan cepat habis baterai tidak benar, mengecas dengan waktu yang lama juga tidak sepenuhnya akan membuat ponsel meledak. Jika perangkat ponsel yang anda miliki semua komponennya masih dalam kondisi normal tentu tidak akan terjadi ledakan ketika ponsel terisi daya walau berjam-jam.

Seperti halnya jawaban yang pertama, komponen di smartphone dan juga komponen di baterai sudah bisa melakukan pemutusan arus ketika pengisian sudah mencapai titik maksimal. Meledaknya ponsel dalam kasus tertentu karena adanya malfungsi dari komponen yang dialiri oleh arus, bisa berupa kasus konsleting, terkena air, banyak debu atau kotor dan lain sebagainya. Bisa juga disebabkan karena anda melakukan aktivitas ponsel sambil dicas. Hal ini yang akhirnya membuat panas berlebih pada handphone dan menyebabkan ledakan.

3. Selain anggapan bahwa mengecas terlalu lama sebabkan cepat habis baterai, ada pula anggapan bahwa baterai bisa melembung karena terlalu lama melakukan pengisian daya. Dan lagi lagi hal ini juga tidak sepenuhnya benar dan belum terbukti hingga saat ini.

Baterai jenis Lithium atau yang lebih terbaru jenis Li-ion sudah terlalu ‘pintar’ untuk melakukan pemutusan arus dan menjamin cell di dalam baterai bekerja maksimal. Rata-rata baterai yang melembung adalah sebagai akibat dari pengguna yang sedang melakukan charging tapi digunakan untuk aktifitas berat seperti telephone atau bermain game dengan konsumsi daya tinggi.
Nah jawaban tersebut maka ditarik kesimpulan bahwa anggapan mengecas terlalu lama sebabkan cepat habis baterai adalah tidak benar. Namun disarankan untuk menjaga pemakaian anda. Sebaiknya saat mengecas, jangan lakukan aktivitas berat bagi ponsel anda.

 

loading...