Beberapa Tips untuk Membedakan Mana Aplikasi yang Asli dan Aplikasi yang Palsu

Posted on

baca2 – Gak hanya duit saja yang palsu, aplikasi di toko-toko online layaknya Google Play dan App Store pun ternyata banyak yang palsu juga lho! Biasanya sih, aplikasi palsu itu wujudnya aplikasi belanja atau aplikasi perbankan.

Aplikasi-aplikasi palsu lebih-lebih aplikasi perbankan palsu itu benar-benar beresiko dan dapat menyebabkan kerugian bagi yang menginstalnya. Soalnya nih, aplikasi itu umumnya sengaja dibikin untuk mengambil informasi rekening demi mendulang keuntungan finansial belaka.

Dalam Apple App Store, New York Times dan New York Post mendapatkan ratusan aplikasi belanja palsu. Seperti yang disebutkan oleh CNET, persoalan ini termasuk dapat ditemui di Google Play Store.

Sementara sebagian dari aplikasi-aplikasi palsu ini hanya menampilkan iklan yang mengganggu, sebagian yang lain dapat menimbulkan bahaya yang lebih besar. Aplikasi-aplikasi palsu berikut dapat saja memiliki kandungan malware yang dapat mengambil informasi spesial seseorang.

Selain itu, scammer termasuk dapat mengambil alih kesempatan jika pengguna aplikasi memasukkan informasi kartu kredit mereka di aplikasi palsu tersebut. Inilah sebagian tips untuk membedakan aplikasi asli bersama dengan aplikasi palsu.

– Periksa pembuat aplikasi
Anda mesti benar-benar berhati-hati kala memeriksa nama pembuat aplikasi. Para penipu umumnya memakai nama sama bersama dengan pembuat aplikasi asli. Misalnya, Overstock.com adalah aplikasi asli dan Overstock Inc adalah pembuat aplikasi palsu.

– Periksa lihat di App Store atau Play Store
Aplikasi yang sebetulnya umumnya punyai ribuan review. Sementara aplikasi palsu umumnya tidak punyai lihat sama sekali.

– Lihat tanggal rilis aplikasi
Aplikasi palsu umumnya punyai tanggal rilis yang relatif baru. Sementara aplikasi asli umumnya hanya menampilkan tanggal update terakhir. Misalnya, aplikasi Overstock palsu baru saja dirilis terhadap tanggal 26 Oktober tahun ini.

– Periksa kesalahan terhadap nama dan deskripsi
Kebanyakan dari aplikasi palsu ini mampir dari Tiongkok. Mengingat bhs Inggris bukan bhs ibu mereka, memperhatikan apakah ada kesalahan terhadap nama dan uraian aplikasi.

– Waspada akan aplikasi yang tawarkan diskon
Jika aplikasi tawarkan disc. besar yang terdengar mustahil, berhati-hatilah. Karena kemungkinan, aplikasi berikut hanya punya niat menipu.

– Pastikan Anda mengunduh aplikasi resmi
Ketika Anda hendak mengunduh aplikasi tertentu, Anda dapat mendatangi website resminya. Cari tombol atau ikon yang tawarkan untuk mengunduh aplikasi mereka. Hal ini akan membawa Anda ke aplikasi resmi dari website berikut di App Store atau Play Store.

 

Demikian sedikit cara membedakannya semoga bermanfaat, dan yang paling penting lebih berhati-hatilah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

dan jangan lupa beritahu teman kalian agar untuk mengetahui beberapa tips ini.

Baca juga : Kecanggihan baru teknologi smarthphone yang bakal trend di 2017

Tinggalkan Balasan