APLIKASI YANG HARUS DIHAPUS, PENTING AGAR SMARTPHONE TIDAK LEMOT DAN BOROS

Posted on

Alemong.com – Hallo teman-teman kali ini kita akan membahas mengenai aplikasi yang harus dihapus agar smartphone tidak lemot dan boros baterai. Bukan hanya soal kecepatan yang berkurang jika kita terlalu banyak menginstall aplikasi, namun juga baterai akan lebih cepat habis. Bahan pertimbangan lainnya adalah data kuota internet akan juga cepat terkuras tentunya, wahh agak mengerikan juga kan di tambah kadang-kadang kita menyalahkan smarthphone kita sendiri hehe.

Hal ini sebenarnya tanpa kita sadari kita sendiri yang membuat semua itu, ini sebuah kebiasaan buruk yang harus cepat ditinggalkan. Karena lama kelamaan smartphone anda yang sebenarnya tergolong canggih itu, akan berat dan bisa saja tak akan berumur panjang. Sebagai pengguna ponsel pintar, maka anda juga harus lebih pintar dan bijak memilih aplikasi yang anda butuhkan.

Karena sebenarnya tak semua aplikasi yang anda install tersebut benar-benar anda butuhkan. Terkadang sudah ada fitur serupa yang merupakan bawaan dari ponsel yang mempunyai fungsi yang sama dengan aplikasi-aplikasi tersebut. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa anda harus mengetahui apa saja aplikasi yang harus dihapus agar smartphone tidak lemot.

 

1. Aplikasi Antivirus

Aplikasi Antivirus juga termasuk salah satu aplikasi yang harus dihapus agar smartphone tidak lemot. Aplikasi Antivirus memiliki fungsi yang cukup baik yaitu memproteksi smartphone anda dari ancaman-ancaman virus yang ada. Namun tahukah anda, jika aplikasi semacam ini ternyata tak begitu diperlukan bagi smartphone yang telah memiliki fitur Android Device Manager. Karena fitur ini sudah mampu melindungi smartphone yang anda punya.Terlebih lagi, Google Play Store sendiri sudah punya sistem canggih untuk mendeteksi malware, maka bisa dipastikan aplikasi yang anda ambil di Play Store aman dari virus.

Lain halnya jika anda masih sering ambil dan install aplikasi APK di luar Play Store, mungkin aplikasi antivirus akan berguna. Namun jika anda sepenuhnya ambill aplikasi melalui Play Store, maka anda tidak membutuhkan aplikasi antivirus.

 

2. Browser Bawaan

Aplikasi yang harus dihapus agar smartphone tidak lemot yang berikutnya adalah browser bawaan. Beberapa vendor pembuat smartphone Android, biasanya melengkapi browser bawaan. Ada yang memiliki fitur-fitur lebih lengkap, dan ada pula yang berfitur seadanya. Sebaiknya coba anda gunakan dulu, apabila anda suka boleh terus dipakai, namun jika tidak lebih baik di non-aktifkan. Cara menonaktifkan browser bawaan adalah buka Pengaturan > Aplikasi > pilih browser bawaan, lalu non-aktifkan. Dan sebagai penggantinya, anda bisa menggunakan browser yang lebih powerful, seperti Chrome, Firefox, atau Opera Mini.

3. Clean Master dan Aplikasi Sejenisnya

Aplikasi yang harus dihapus agar smartphone tidak lemot yang terakhir adalah Aplikasi Clean Master dan aplikasi sejenisnya. Fungsinya sendiri memang baik yaitu membersihkan ponsel dari data cache atau data sampah yang menumpuk untuk meningkatkan kinerja smartphone. Namun tahukah anda jika sebenarnya anda tidak membutuhkan aplikasi Clean Master, karena OS Android itu sendiri sudah menyediakannya. Aplikasi Clean Master dan aplikasi serupa ini sering memakan banyak daya baterai, belum lagi adanya iklan yang dalam aplikasi mereka. Sangat berpotensi menghabiskan data kuota internet anda yang terbatas.

Untuk menjalankannya fitur penghapus cache bawaan ponsel anda bisa membuka Pengaturan > Storage > Clear Cache. Anda juga bisa menghapus cache aplikasi individual, buka Pengaturan > Aplikasi > Ambil. anda bisa melihat aplikasi mana saja yang memakan banyak data, pilih salah satu aplikasi dan tekan Clear Cache.

4. Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi yang harus dihapus agar smartphone tidak lemot yang pertama adalah aplikasi penghemat baterai. Mungkin anda berpikir mengapa aplikasi ini sebaiknya harus dihapus? Bukankah fungsinya sendiri tergolong baik? Nah hal ini karena OS Android sudah punya fitur penghemat baterai bawaan. Jadi anda tidak perlu menambah beban ponsel dengan memasukkan aplikasi semacam ini.

Caranya cukup aktifkan saja fitur penghemat baterai atau battery saver di pengaturan. Anda bisa melihat aplikasi mana yang punya konsumsi daya tinggi, jika memang tidak dibutuhkan anda bisa menghapusnya. Semakin sedikit aplikasi yang punya fungsi ganda, maka semakin lebih baik untuk kinerja dan performa daya tahan baterai ponsel anda.

5. Facebook

Aplikasi Facebook memang menawarkan berbagi fitur yang sangat lengkap. Aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk tetap terhubung dengan teman-teman ataupun kenalan setiap saat. Namun ternyata kecanggihan aplikasi Facebook ini memakan banyak ruang penyimpanan internal dan juga mengkonsumsi baterai yang tidak sedikit. Maka tak heran mengapa aplikasi Facebook menjadi salah satu aplikasi yang harus dihapus agar smartphone tidak lemot. Dan sebagai alternatifnya, anda bisa menggunakan Facebook pada halaman browser smarthpone anda langsung tanpa perlu instal aplikasinya. Meskipun agak ribet, namun anda masih bisa mengakses konten Facebook dengan nyaman dan tak akan membuat ponsel anda lemot dan cepat habis baterai.

cukup sekian tips ini semoga bermanfaat

Loading...

Leave a Reply