Akhirnya Apple Gabung Geng AI Besutan Google

Posted on

baca2.info – >> Banyak ilmuan yang mengupayakan menemukan lebih dari satu penemuan teranyar di bidang teknologi. Tahun lalu, sejumlah perusahaan teknologi, termasuk Facebook dan Google bergabung dalam sebuah konsorsium Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Konsorsium itu dibentuk untuk memastikan kecerdasan buatan dikembangkan secara aman, etis, dan transparan.

Hanya, Apple saat itu belum menanggapi ajakan perusahaan lain untuk turut bergabung. Namun awal tahun ini, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu kelanjutannya mengambil keputusan untuk turut bergabung dalam kelompok yang berisi Microsoft dan Amazon tersebut.

Kepastian bergabungnya Apple diungkapkan segera oleh Head of Advanced Development of Siri Tom Gruber lebih dari satu waktu lalu. “Kami bahagia melihat industri terlibat terhadap peluang yang lebih besar dan hiraukan bersama dengan kemajuan machine learning dan AI,” tuturnya layaknya dikutip berasal dari Business Insider, Minggu (29/1/2017).

Menurutnya, keputusan ini bisa menjadi keuntungan bagi Apple, konsumen, dan termasuk industri itu sendiri. Sebab, industri bisa berperan aktif dalam pengembangan dan kolaborasi bersama dengan kelompok lain untuk berdiskusi mengkaji penggunaan AI sambil tetap memelihara privasi dan keamanan konsumen.

>> Sejak konsorsium ini resmi diluncurkan terhadap September 2016, Apple sebenarnya udah diajak untuk bergabung. Namun, saat itu perusahaan yang kini dipimpin oleh Tim Cook tersebut belum rela memberikan jawaban.

Apple sendiri sebenarnya dikenal benar-benar memelihara rahasia pengembangan teknologi yang dibesutnya. Selain itu, perusahaan itu termasuk sering bekerja sendiri waktu mengembangkan teknologi baru. Karenanya, masuk akal perusahaan itu tak segera sepakat untuk bergabung.

>> Di sisi lain, Apple termasuk disebut-sebut udah mengembangkan AI dan machine learning secara bertahap. Tak cuma mengembangkannya secara mandiri, perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu dilaporkan udah belanja sejumlah startup di bidang kecerdasan buatan.

Untuk informasi, konsorsium bernama Partnership on AI ini merupakan organisasi nonprofit yang bergerak di bidang kecerdasan buatan. Kelompok ini mempunyai misi untuk menambah pemahaman publik tentang AI dan merumuskannya untuk keperluan praktis.

Selain perusahaan teknologi, kelompok ini termasuk terdiri berasal dari sejumlah akademisi, lembaga nonprofit lain, dan juga pakar kebijakan etika. Mereka dapat bergabung sebagai Dewan dalam Partnership on AI ini.

loading...