4 Cara Mencegah Wasir Buat Ibu Hamil

Posted on

Baca2.info – Hati-hati Wasir atau ambeien merupakan salah satu masalah kesehatan umum yang dialami oleh wanita hamil. Hal ini terjadi karena meningkatnya bobot badan serta tekanan ekstrem pada uterus yang  akibat dari pertumbuhan janin. Perubahan komposisi tubuh wanita hamil juga mempengaruhi terhadap sistem penceranaan, yang pada akhirnya membuat wanita hamil mudah mengalami sembelit dan menyebabkan wasir. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah wanita hamil mengalami wasir? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 tips pencegahannya:

1. Banyak minum air putih Agar terhindar dari wasir, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan. Memenuhi kebutuhan cairan dapat mengurangi risiko mengalami sembelit yang berujung pada wasir. Untuk itu, rutinlah mengonsumsi delapan sampai sepuluh gelas air untuk menghindari konstipasi. Lagipula, minum cukup air bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Makanan Berserat Serat sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan tubuh. Terutama saat berbadan dua, perbanyaklah konsumsi biji-bijian, buah, dan sayuran mentah yang bisa memperlancar saluran cerna Anda sekaligus mencegah timbulnya wasir.

3. Sering Malekukan Peregangan dan Yoga Sedikit peregangan dan gerakan yoga juga bisa membantu meningkatkan fungsi saluran cerna Anda. Untuk yoga, latihan pernapasan dan beberapa latihan dasar bisa dilakukan di awal kehamilan. Tapi, Anda harus berhati-hati jika dalam melakukan gerakan perut terasa sakit.

4. Hindari  duduk Terlalu Lama Untuk gerakan yang tepat maka usus pun harus bergerak. Oleh karena itu, jangan terlalu lama duduk dengan posisi yang sama. Lebih baik lagi jika Anda secara rutin duduk lalu bergerak untuk menghidari sembelit. Misalnya, setelah duduk Anda kemudian berbaring, berjalan, berdiri, lalu duduk kembali.